Selasa, 09 November 2010

organ sirkulasi (jantung)

      jantung manusia terletak di bawah tulang dada  (sternum) berukuran sekitar satu kepalan tangan orang dewasa. jantung tersusun atas otot jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh.
Anatomi jantung manusia
       struktur jantung terdiri atas tiga lapis (selaput), yaitu perikandrium (selaput pembumkus jantung), di antara dinding jantung dan perikardium terdapat cairan, yaitu cairan perikardi yang berfungsi sebagai pelindung pada saat jantung mengembang dan mengempis; miokardium (otot jantung) yang mengatur denyut jantung; dan endokardium, yaitu lapisan terdalam (pembatas ruang jantung).
         Ruang jantung manusia terbagi dalam empat ruang, yaitu dua serambi (atrium kanan dan atrium kiri) dan dua bilik (ventrikel kanan dan ventrikel kiri). ke empat ruang jantung di batasi (klep), yaitu katup (valvula) trikuspidalis membatasi atrium kanan dengan ventrikel kanan sehingga darah dalam ventrikel kanan tidak kembali mengalir ke atrium kanan ; katup (valvula) bikuspidalis membatasi atrium kiri dengan ventrikel kiri, sehingga darah dari ventrikel kiri tidak mengalir kembali ke atrium kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar